Minggu, 28 Desember 2014

Hubungan Listrik (Fisika) dengan Teknik Informatika


Bismilahirrahmanirrahim.
Haloo semuanya, maaf nih sebelumnya pake bahasa non formal dulu. Disini blogger punya tugas fisika dasar dari salah seorang dosen mata kuliah fisika, tugasnya yaa begini, disuruh ngejelasin hubungan fisika dengan jurusan yang sedang blogger tekuni yaitu Teknik Informatika. Nah ini hasilnyaa :) Semoga bermanfaat :)


================================================


DAFTAR ISI
A. Latar Belakang Masalah
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan
D. Materi
E. Kesimpulan
F. Daftar Pustaka


A.  LATAR BELAKANG MASALAH
Pengetahuan adalah salah satu kunci penerang bagi kehidupan manusia agar hidupnya terarah dan tidak mudah masuk dalam dunia kebodohan. Seseorang bisa dikatakan berpengetahuan apabila ia bisa memahami, menafsirkan dan menggali bidang yang ia tekuni terkhususnya, umumnya adalah bidang yang lainnya, yang kemungkinan bisa berhubungan langsung dengan bidang yang ia tekuni atau bahkan tidak ada kaitannya dengan bidang yang ia tekuni.
Bidang pengetahuan di alam dunia ini bermacam-macam, dimulai dengan bidang pendidikan, ekonomi, teknologi, sosial, kebudayaan, dan masih banyak yang lainnya. Dan dalam macam-macam bidang tersebut, terdapat sub bidang yang masih banyak sekali cabangnya, contohnya bisa diambil dalam bidang pendidikan. Di dalam bidang pendidikan, terdapat sub bidang seperti ilmu fisika, matematika, teknik informatika, akutansi, general english, sosiologi, geografi dan lain lain. Dari cabang-cabang bidang pengetahuan atau ilmu itu, secara logika jika dipikirkan sesaat dan tidak dipikir lebih jauh lagi dalam sub bidang pengetahuan tersebut tidak ada kaitannya, dan ternyata, pikiran pendek itu salah, sub bidang pengetahuan tersebut apabila diteliti lebih lanjut  dan dikaitkan satu dengan yang lainnya secara lebih terpirinci maka akan terjadi hubungan atau ikatan yang saling berkesinambungan.
Untuk membuktikan hal itu, maka disini Penulis akan menganalis salah satu sub bidang pendidikan yang tadi disebutkan, yaitu Ilmu Fisika dihubungkan dengan Teknik Informatika.


B.  RUMUSAN MASALAH
Bagaimana hubungan antara Fisika dan Teknik Informatika?



C.  TUJUAN
Untuk mengetahui hubungan fisika dengan teknik informatika.


D.  MATERI

"Hubungan Ilmu Fisika dengan Teknik Informatika"

Pendapat para ahli

Paul Dirac
Seorang fisikawan besar Paul Dirac pada tahun 1929 mengatakan bahwa semua kimia bisa, pada prinsipnya, dijelaskan dalam hal teori baru dirumuskan mekanika kuantum.

Penjelasan Penulis
Beberapa orang mungkin percaya padanya. Tapi ternyata dia benar. Sejauh yang kita tahu, struktur dari setiap atom di alam semesta ditentukan oleh mekanika kuantum. Sebuah pemahaman menyeluruh mekanika kuantum diperlukan untuk insinyur perangkat solid state seperti transistor . Transistor adalah blok bangunan elektronik dan komputer. Tidak mungkin untuk semikonduktor kesepahaman (blok bangunan transistor), atau materi apapun dalam hal ini, dengan fisika klasik saja (yaitu fisika yang dikenal sebelum penemuan mekanika kuantum dan relativitas). Fisika laser dan interaksi cahaya dengan materi dijelaskan oleh apa yang disebut elektrodinamika kuantum . Bahkan cahaya memasuki mata Anda dari layar komputer memerlukan mekanika kuantum untuk memahami! fisika partikel Dasar menggambarkan blok bangunan fundamental alam semesta dalam bahasa relativistik bidang teori kuantum , yang pada dasarnya mekanika kuantum dicampur dengan relativitas Einstein. Tanpa mekanika kuantum, "era informasi" (dan banyak ilmu pengetahuan modern) tidak akan ada saat ini.

Pendapat para ahli 

Gustav Robert Kirchoff

-  Hukum kirchoff tentang arus
"Jumlah arus yang mengalir masuk ke sebuah node (titik percabangan) akan sama dengan jumlah arus yang keluar dari node tersebut"
- Hukum kirchoff tentang tegangan
"JUmlah tegangan tiap komponen pada sebuah loop sama dengan nol"

Penjelasan penulis
Secara logikanya bahwa teknik informatika sebagai contohnya adalah komputer tidak akan lepas dari kata aliran listrik (arus listrik) dengan tegangan, ketika komputer itu tidak ada aliran listrik maka komputer yang merupakan barang IT tersebut tidak bisa dioperasikan. 
Sedangkan mengenai tegangan juga sama halnya dengan itu.  

Sebenarnya untuk menemukan pendapat para ahli tentang kasus seperti ini tidak mudah untuk dicari, maka dari itu penulis ungkapkan beberapa pengaplikasian antara keterkaitan TI dengan Fisika:

a. Pembuatan IC dan desain PCB
Dari segi design hardware dalam hal ini fisika dipakai dalam pembuatan IC (semikonduktor), kalau dalam penerapan elektronikanya hukum kirchoff yangg notabene digunakan dalam desain PCB baik sistem digital maupun non digital.

b. Pembacaan data dalam harddisk
Tidak dipungkiri bahwa riset dasar fisika khususnya fisika material telah banyak memberikan kontribusi nyata dalam kemajuan teknologi suatu negara yang pada gilirannya akan bermuara pada kemajuan di bidang ekonomi sekaligus menjadi bangsa yang disegani di kancah internasional. Kontribusi riset dasar fisika dalam revolusi teknologi informasi dan komunikasi yang salah satu contoh terkini adalah penemuan efek  giant magneto resistance (GMR) dalam proses pembacaan data dalam hard disk (head read device).

c. Perangkat Lunak Untuk Membantu Pekerjaan Komputerisasi Fisika
Dari latar belakang tersebut berkembanglah perangkat lunak untuk membantu pekerjaan komputasi fisika diantaranya mulai dari yang open source sampai yang berbayar adalah:
The Open Source Physics (OSP)
Projet yang didanai oleh dana riset untuk mengembangkan suatu pustaka Java beruapa framework simulasi untuk module pengajaran fisika yang meliputi material pengajaran mulai dari fisika klasik,fisika statistik,kuantum mekani dan fisika komputasi.
http://www.opensourcephysics.org/
Matlab adalah suatu solusi ideal yang banyak dipakai. mempunyai lingkungan yang mudah untuk mengimplementasikan metode komputasi yang dipelajasi di kelas dan sedikit pengetahuan tentang programing.
http://www.mathworks.com/products/matlab/
LabVIEW adalah memcoba mengenalkan kemampuan programing ke dalam penelitian dan pengenalan fisika modren,optik dan fisika klasik.
http://www.ni.com/labview/
dan lain sebagainya.

d. Games
Banyak permainan berkategori arcade (apa bahasa Indonesianya?) seperti Angry Birds, atau Super mario menggunakan Fisika. Tak perlu yang muluk-muluk, untuk membuat sebuah objek melompat saja, pasti membutuhkan Fisika. Apalagi seperti Angry Birds yang menyertakan banyak rumus Fisika.


E.  KESIMPULAN
Ilmu Fisika dan Teknik Informatika itu sangat berkaitan erat. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil pengaplikasiannya diantaranya adalah pembuatan IC, Games, Pembacaan data dalam harddisk dll.


F.  DAFTAR PUSTAKA
http://forum.ub.ac.id/viewtopic.php?f=3&t=3713&start=10
http://fisika-dan.blogspot.com/2012/05/apa-sih-hubungan-fisika-dengan-komputer.html
http://penainformatika.blogspot.com/2013/02/keterkaitan-ilmu-komputer-dengan-ilmu-fisika.html
http://www.physics.ucla.edu/~ianb/history/
http://didats.net/page/hubungan-erat-antara-bahasa-pemrograman-matematika-dan-fisika/


0 komentar:

Posting Komentar

Eva Nur Fauziyah created. Diberdayakan oleh Blogger.