Selasa, 08 November 2016

Pengajuan BAB I dan BAB II Laporan Proyek 2 (Bimbingan ke-2)

PENGAJUAN BAB I DAN BAB II
SISTEM PENGELOLAAN DATA DAN MONITORING ABSENSI MAHASISWA
PROGRAM STUDI DIPLOMA IV TEKNIK INFORMATIKA 
POLITEKNIK POS INDONESIA
MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER
(Sub Modul Monitoring Absensi Mahasiswa)



PEMBUKAAN
Latar Belakang
Politeknik Pos Indonesia adalah sebuah kampus yang mempunyai 9 prodi salah satu di antaranya yaitu D4 Teknik Informatika. DIV Teknik Informatika Politeknik Pos Indonesia adalah sebuah program studi yang bergerak dalam IT yang di dalamnya terdapat 3 kelas untuk tingkat I, 4 kelas untuk tingkat II, 4 kelas untuk tingkat III dan 2 kelas untuk tingkat IV yang sedang menjalankan Internship (praktek kerja di perusahaan). Total mahasiswa DIV Teknik Informatika Politeknik Pos Indonesia yang aktif mengikuti perkuliahan di kampus kecuali mahasiswa tingkat IV mencapai kurang lebih 350 mahasiswa.
Dari jumlah mahasiswa DIV Teknik Informatika Politeknik Pos Indonesia tersebut dalam kegiatan absensi perkuliahan masih memanfaatkan kertas dan pena sebagai sarana absensi. Kertas absensi diestafetkan dari mahasiswa yang satu ke mahasiswa yang lainnya tanpa terjamin absensi yang diisikan sesuai dengan kenyataan atau ada yang memanipulasi absensi tersebut.
Dalam kegiatan absensi mahasiswa tentu harus diadakannya pengawasan yang ketat baik itu dari pihak kampus seperti wali dosen, prodi atau dari luar kampus seperti orang tua mahasiswa itu sendiri.  Sehingga ketiga pihak tersebut bisa mengontrol anak didiknya dalam kehadiran perkuliahan, sehingga jika mahasiswa banyak yang tidak hadir tanpa adanya keterangan, sakit atau ijin mereka semua bisa tahu bahkan bisa mengetahui anak didiknya jika mendapatkan SP (Surat Peringatan) 1, SP 2, SP 3 atau DO (drop out) melalui sms. Jadi, tidak usah khawatir jika ada orang tua yang masih kurang mengenal teknologi.
Berdasarkan data dan fakta yang diuraikan di atas, maka diperlukan suatu sistem yang dapat memberikan solusi pada permasalahan tersebut yaitu dengan membangun suatu aplikasi yaitu “Sistem Pengelolaan Data dan Monitoring Absensi pada Program Studi DIV Teknik Informatika Politeknik Pos Indonesia  Menggunakan Framework Code Igniter”.

ISI
Adapun dalam laporan proyek ini, kami baru mengajukan BAB I yang berisikan latar belakang mengapa kami memilih judul tersebut disertai dengan alasan dan keadaan yang sedang berjalan di poltekpos khususnya pada absensi mahasiswa, yang kedua yaitu identifikasi masalah yang diambil dari masalah yang ada pada latar belakang. Yang ketiga yaitu tujuan membuat laporan dan pembuatan sistem tersebut yang mengarah pada masalah-masalah yang telah dipaparkan tadi. Yang keempat yaitu ruang lingkup yang merupakan batasan-batasan sampai dimana kami membuat sistem tersebut. Dan yang terakhir yaitu sistematika penulisan yang memaparkan sub-sub apa saja yang akan dibahas dari mulai bab I sampai dengan bab V.
Selain mengajukan bab I, kami juga mengajukan sekaligus dengan bab II nya yang berisikan pemaparan atau landasan teori sehingga kami dapat memahami lebih lanjut tentang materi-materi yang akan dipraktekan nanti dalam sistem. Adapun yang dibahas dalam bab II seperti pengertian sistem, pengertian absensi, pengertian monitoring absensi, serta penjelasan tentang tools-tools atau software untuk membangun sebuah aplikasi seperti database, framework codeigniter, sms gateway, xampp, web service dll serta tools untuk mengembangkan aplikasi seperti UML, flowchart/flowmap. Serta tidak lupa, perbandingan antara sistem absensi yang telah ada di poltekpos dengan sistem absensi yang akan kami buat nanti.
Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di youtube saya dengan link https://youtu.be/othFPq5TYqE

Mungkin itu yang dapat kami paparkan, sekian, terimakasih.

PENUTUP
Kesimpulan
Jadi, pada bimbingan ke-2 ini pada tanggal 7 November 2016 diajukannya bab I dan bab II laporan proyek 2 dengan judul Sistem Pengelolaan Data dan Monitoring Absensi Mahasiswa Program Studi Diploma IV Teknik Informatika Politeknik Pos Indonesia Menggunakan Framework CodeIgniter.
Saran
Kami berharap pembimbing bisa terus membimbing kami dalam pelaksanaan proyek 2 ini baik dalam segi aplikasi ataupun laporan sehingga proyek 2 bisa terjalin dengan lancar dan sesuai dengan harapan.

Nama : Eva Nur Fauziyah
NPM : 1144084
Kelas : 3A
Prodi : D4 Teknik Informatika
Mata Kuliah : Proyek 2


0 komentar:

Posting Komentar

Eva Nur Fauziyah created. Diberdayakan oleh Blogger.