Rabu, 16 November 2016

Rancangan Database Absensi Mahasiswa (Bimbingan ke-3)

RANCANGAN DATABASE – CDM
SISTEM PENGELOLAAN DATA DAN MONITORING ABSENSI MAHASISWA
PROGRAM STUDI DIPLOMA IV TEKNIK INFORMATIKA 
POLITEKNIK POS INDONESIA



Pendahuluan
Latar Belakang
Guna untuk menampung semua data yang diperlukan oleh sebuah sistem, maka haruslah dibuatkan sebuah database supaya data bisa terkelola dengan baik. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan membagikan rancangan database dari sistem yang akan saya buat nanti.

ISI
Sistem Pengelolaan Data dan Monitoring Absensi Mahasiswa Program Studi D4 Teknnik Informatika Politeknik Pos Indonesia (Sub Modul Monitoring Absensi Mahasiswa) ini menggunakan database MySql. MySQL adalah sistem manajemen database SQL yang bersifat Open Source dan paling populer saat ini. Sistem Database MySQL mendukung beberapa fitur seperti multithreaded, multi-user, dan SQL database managemen sistem (DBMS). Database ini dibuat untuk keperluan sistem database yang cepat, handal dan mudah digunakan.
Adapun rancangan database dari Sistem Pengelolaan Data dan Monitoring Absensi Mahasiswa Prodi D4 Teknik Informatika Politeknik Pos Indonesia adalah sebagai berikut:

Rancangan database di atas dibuat dalam bentuk CDM atau Conceptual Data Model, dimana database tersebut memiliki 8 tabel, diantaranya :
  • Tabel Prodi.

Untuk menampung id dan nama prodi. Dengan primary key prodi_id. Dimana tabel ini berelasi dengan mahasiswa.
  • Tabel mahasiswa/ortu

Meliputi npm, nama, alamat, no telp, email dari mahasiswa dan disertai nama orang tua dan no telpon orang tua dari mahasiswa. Dengan primary npm. Tabel ini beralasi dengan tabel kelas dan tabel absen
  • Tabel kelas

Meliputi id, nama kelas dan tingkatan kelas. Dengan primary kelas_id. Tabel ini berelasi dengan tabel mahasiswa/ortu dan tabel jadwal.
  •  Tabel dosen

Tabel ini dibuat untuk menampung dan mengelola data dosen, meliputi id dosen, nama, alamat,no telpon dan status dosen apakah dosen tersebut dosen tetap atau dosen luar. Dimana tabel dosen ini berelasi dengan tabel jadwal dan tabel matkul.
  •       Tabel jadwal

Di dalam tabel jadwal ini memiliki field id jadwal, hari, jam, ruangan dan kelas diambil dari tabel kelas, matkul diambil dari tabel matkul, dosen diambil dari tabel dosen, dimana nama matkul, kelas dosen itu merupakan foreign key di tabel jadwal.
  •          Tabel matkul

Tabel matkul terdiri dari matkul id, nama, jam teori, jam praktek, total jam, sks, dan semester. Dimana tadi disebutkan bahwa tabel matkul ini berelasi dengan dosen dan jadwal.
  •  Tabel absen

Tabel ini memiliki field id absen, keterangan sakit, ijin, alfa, hadir, keterangan, tanggal.
  • Tabel pelanggaran

Tabel pelanggaran dibuat untuk mengelola data pelanggaran yang di dalamnya terdapat point-point yang dikalkulasikan jika mahasiswa mendapat SP1, SP2 atau SP3. Dengan filed pelanggaran id, point, dan jenis dari pelanggaran.

Keterangan:
“Primary Key” adalah field kunci / utama dari suatu tabel yang menunjukkan bahwa field yang menjadi kunci tersebut tidak bisa diisi dengan data yang sama, / dengan kata lain Primary key menjadikan tiap record memiliki identitas sendiri-sendiri yang membedakan satu sama lainnya (unik).
“Foreign key” adalah satu attribute yang melengkapi satu relationship yang menunjukan ke induknya.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di channel youtube saya di https://youtu.be/_1mqrJfxlDA 


PENUTUP
Kesimpulan
Jadi, Sistem Pengelolaan Datan dan Monitoring Mahasiswa ini akan menggunakan database mysql dengan memiliki 8 tabel, diantaranya tabel prodi, dosen, mahasiswa/ortu, kelas, matkul, jadwal, absen dan pelanggaran.
Saran
Kami berharap pembimbing bisa terus membimbing kami dalam pelaksanaan proyek 2 ini baik dalam segi aplikasi ataupun laporan sehingga proyek 2 bisa terjalin dengan lancar dan sesuai dengan harapan.


Nama : Eva Nur Fauziyah
NPM : 1144084
Kelas : 3A
Prodi : D4 Teknik Informatika
Mata Kuliah : Proyek 2






0 komentar:

Posting Komentar

Eva Nur Fauziyah created. Diberdayakan oleh Blogger.